Inilah Tips Negosiasi ala Mahasiswa yang Baik

Negosiasi tak hanya kau lakukan di dalam dunia kerja nanti tapi juga di kehidupan sehari-hari. Negosiasi terjadi saat berhadapan dengan kawan kuliah, pihak administrasi, dosen, serta ibu kos. Berikut ini yakni sedikit tips yang mungkin bisa kamu gunakan untuk melakukan negosiasi.

Negosiasi dengan sahabat
Sebagai mahasiswa tentu Anda butuh sosialisasi dan sahabat. Pastinya perselisihan malah tak dapat Anda hindari. Baik dalam persoalan pribadi, atau tugas klasifikasi. Malah tidak jarang terjadi polemik yang membuat kalian tak mau kalah satu dengan yang lainnya. Sesungguhnya berdiplomasi dengan sahabat itu mudah karena kuantitas pertemuan membuat Anda harusnya mengetahui karakter dari temanmu ini.

Kuncinya yakni kenali karakter temanmu. Cobalah berfikir dari sudut pandang temanmu ini. Biasanya mahasiswa yaitu orang yang paling mudah untuk diberi pengaruh dengan sesuatu yang sifatnya masuk akal atau menggunakan "nalar". Pengaruhi ia sampai Anda menerima apa yang kamu inginkan. Baca juga info mengenai teks negosiasi.

Misalnya jika ia betul-betul sulit diajak bekerja sama dalam melakukan tugas. Kasih argumen hal-hal yang bisa merugikannya. Lazimnya mahasiswa masih mementingkan keuntungan dan takut akan sesuatu yang merugikannya. Jadi Anda tekankan hal ini.

Negosiasi dengan Pihak Administrasi Kampus
Negosiasi dengan pihak administrasi kampus biasanya mengenai permasalahan pembayaran uang kuliah, atau kebutuhan administrasi yang berhubungan dengan perkuliahan semester hingga skripsi.

Sayangnya banyak banget mahasiswa yang mengurusi keadaan sulit administrasi bukan dengan kepala dingin tetapi dengan emosi. Kuncinya yaitu kesabaran. Berfikirlah dari sudut pandang pegawai administrasi. Umumnya pegawai administrasi ini kerap kali merasa dipusingkan dengan banyaknya masalah dari mahasiswa. Terutama yang tak cocok dengan undang-undang yang ditetapkan pihak kampus.

Bayangkan berapa banyak mahasiswa yang mesti mereka hadapi. Karenanya cobalah untuk bersikap ramah dan semanis mungkin. Kasih mereka rasa nyaman ketika berhadapan dengan Anda. Ajak bergurau dan mengakak. Dengan seperti ini pihak administrasi akan merasa tulus menolongmu dan urusanmu menjadi lancar.

Negosiasi dengan Dosen
Umumnya dilema yang terjadi dengan dosen yaitu keadaan sulit tugas, kekosongan daftar hadir yang menghalangi kelulusan mata kuliah, mengikuti ujian susulan, dan banyak lagi. Kuncinya jadikan dosen sebagai sahabatmu. Dosen lazimnya lebih bersimpati terhadap mahasiswa yang dekat dengannya. Bicarakan bagus-bagus dan kasih alasan logis mengenai permasalahanmu dan kenapa ia harus menolongmu.

Akan lebih bagus dikala ada permasalahan dosen ini Anda jadikan teman curhat dan ajak bermusyawarah apa yang sebaiknya kau harus lakukan. Jadi beliau dapat menolong dalam mencari solusi dalam situasi sulit perkuliahanmu.